OK
logo rumah123
logo rumah123
Pasang Iklan
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ini Plus Minus Investasi Tanah yang Perlu Diketahui

Terakhir diperbarui 30 Januari 2024 · 5 min read · by Miyanti Rahman

Investasi Tanah

Mungkin banyak di antara kamu yang sedang bingung antara investasi tanah atau emas. Nah, agar bisa memutuskan instrumen investasi yang cocok, mari simak plus minus invest tanah.

Sekarang instrumen investasi properti sangat beragam. Pilihannya ada rumah tapak, apartemen, aparthouse, ruko, rukan, small office home office dan tanah.

Investasi tanah adalah salah satu pilihan investasi terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan profit dalam jangka panjang. Sama seperti emas, harga tanah juga tidak pernah turun.

Nah, meskipun terdengar “jadul”, investasi tanah masih mampu bersaing dengan instrumen investasi properti lainnya. Jika dibandingkan, maka hasilnya tak kalah menguntungkan!

Namun sebelum memulai invest tanah, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Tujuannya untuk mengurangi risiko investasi tanah itu sendiri, jadi bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti Tanah

Keuntungan Investasi Tanah

Keuntungan Investasi Tanah

Kenaikan Nilai Keuntungan Tanah yang Signifikan

Seperti properti lainnya, harga tanah akan terus mengalami kenaikan. Oleh karena itu, membeli tanah investasi adalah keputusan cerdas untuk mengamankan asetmu.

Dengan investasi rumah atau tanah, kamu bisa mendapatkan persentase keuntungan dari 20% sampai 25% per tahun. Bahkan 2x lipat kalau sudah mencapai 5 tahun.

Apalagi kalau investasi tanah kavling di lokasi strategis. Kamu bisa mendapatkan return of investment yang sangat besar, nah kalau tertarik silakan cari propertinya di bawah.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Tanah Dijual","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/jual\/tanah\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=jualtanah&utm_term=srp","custom_desc":"Banyak pilihan tanah berkualitas di seluruh Indonesia","custom_cta":"Cek Penawaran Terbaik","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Hemat Biaya Perawatan

Investasi properti seperti rumah atau apartemen membutuhkan biaya maintenance yang besar. Pemilik juga harus tetap mengeluarkan biaya listrik agar properti itu tak gelap gulita.

Sementara salah satu keuntungan investasi tanah kavling yaitu sedikit biaya perawatan. Kecuali kalau tanahnya dibuat untuk kegiatan sewa-menyewa lahan parkir yang butuh penjagaan.

Manfaatkan sebagai Bisnis Sewa

Pemilik lahan kosong di lokasi strategis, misalnya dekat pusat bisnis & perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya, bisa mencari celah bisnis menguntungkan.

Tanah tersebut bisa dimanfaatkan untuk bisnis parkir, atau mendirikan kios-kios usaha kuliner. Sambil menunggu kenaikan harga tanah, kamu akan mendapatkan passive income.

Kekurangan Investasi Tanah

Kekurangan Investasi Tanah

Butuh Dana yang Besar

Investasi tanah di desa ataupun di kota membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jadi kalau sudah mantap memilih instrumen ini, pastikan dana yang kamu miliki cukup, ya.

Tanah dijual di Indonesia sudah mengalami kenaikan signifikan. Contohnya investasi tanah di Jogja, harganya mulai melambung, karena didongkrak oleh sektor pariwisata.

Walaupun begitu, masih ada kok listing dengan penawaran harga menarik!

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Tanah Dijual","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/jual\/daerah-istimewa-yogyakarta\/tanah\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=jualtanahyogyakarta&utm_term=srp","custom_desc":"Banyak pilihan tanah berkualitas di penjuru Yogyakarta","custom_cta":"Cek Penawaran Terbaik","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Proses Pencairan Tanah Membutuhkan Waktu

Instrumen investasi properti jenis apa pun, termasuk tanah, bukan aset yang bersifat likuid. Oleh karena itu, membutuhkan waktu lama dalam proses penjualannya.

Namun jangan khawatir, karena sekarang banyak situs jual beli properti untuk mengatasi masalah itu. Dengan pasang iklan jual properti online, lebih mudah menemukan pembeli.

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Sangat Tergantung Lokasi

Faktor lokasi memang sangat menentukan keuntungan investasi tanah. Seperti yang sudah disebutkan, harga jual tanah di lokasi strategis atau berkembang bisa meningkat signifikan.

Jika memilih lokasi yang tepat, maka kamu pun bisa mendapatkan penghasilan pasif. Caranya jadikan lahan produktif selama menunggu waktu yang tepat untuk menjual kembali tanah itu.

Hati-hati, Jadi Sasaran Kejahatan

Tanah tanpa perawatan dan pengawasan rutin sangat rentan menjadi sasaran kejahatan, mulai dari modus penipuan properti, sengketa tanah, dijual tanpa izin, hingga pemalsuan surat-surat.

Selain itu, kasus penyerobotan tanah juga sering terjadi, apalagi lokasi tanah berada di perkotaan yang padat. Maka dari itu, beli tanah dengan legalitas yang jelas.

Minimnya Kredit Tanah

Kekurangan investasi tanah yang selanjutnya ialah minim layanan kredit pemilikan tanah dari lembaga keuangan. Pasalnya, peminat tanah tidak sebanyak rumah atau apartemen.

Jika membutuhkan informasi seputar kredit pemilikan tanah, atau kredit multiguna yang bisa dipergunakan untuk membeli tanah, silakan kunjungi halaman KPR bank Rumah123.

Cara Investasi Tanah yang Menguntungkan

Cara Investasi Tanah yang Menguntungkan

Perhatikan Harga dan Lokasi

Investasi tanah memang memberikan keuntungan besar dengan risiko minim. Namun agar bisa mencapai tujuan itu, kamu harus memperhatikan harga dan lokasi yang tepat.

Bidik tanah di lokasi yang strategis, karena bisa mengoptimalkan keuntungannya. Bisa juga lahan di lokasi sunrise property agar harganya tidak terlalu tinggi.

Pastikan harga tanah sudah sesuai dengan bujet yang dianggarkan. Jangan sampai mengalami kesulitan finansial karena ingin investasi tanah tanpa mengatur strategi keuangan yang tepat.

Sebelum membeli tanah, ketahuilah rata-rata Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di setiap wilayah. Dengan begitu, kamu tahu mana tanah mahal dan tanah murah.

Kenali Kondisi dan Peruntukkan Tanah

Selain harga dan lokasi, pertimbangkan pula setiap kekurangan dan kelebihan dari kondisi tanah yang akan dibeli. Pasalnya hal ini pun bisa memengaruhi harga jualnya.

Sebagai informasi, kondisi tanah yang baik untuk investasi adalah tanah yang datar, tidak bergelombang atau kontur yang tidak stabil.

Beberapa jenis tanah yang paling sering dibeli dan menguntungkan yakni tanah persawahan dan tanah untuk perumahan. Banyak perusahaan pengembang yang butuh tanah ini.

Pastikan Surat dan Legalitas Tanah Jelas dan Lengkap

Memastikan surat tanah dan legalitas tanah jelas serta lengkap merupakan langkah paling krusial. Dengan teliti sebelum membeli tanah, kamu bebas dari potensi konflik masa depan.

Pastikan tanah yang hendak kamu beli tidak memiliki masalah. Hindari pembelian tanah wakaf atau tanah sejenisnya walaupun dijual dengan harga miring.

Pastikan keaslian sertifikat tanah, serta dokumen pendukung lainnya. Jika perlu, maka cek langsung ke otoritas setempat untuk memeriksa keaslian dokumen serta informasi terkait tanah.

Itulah beberapa cara investasi tanah agar mendapatkan keuntungan maksimal. Semoga artikel di atas dapat membantu, ya!

Temukan teman ngobrol soal investasi tanah di Teras123! Ruang buat ngobrolin tanah & properti lainnya.