Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah untuk Hunian Lebih Sehat

cara menjaga kebersihan lingkungan rumah

 

Rumah yang nyaman adalah rumah yang mampu memberikan kehangatan bagi setiap anggota keluarganya.

 

Agar hunian tetap nyaman untuk ditinggali, keluarga wajib menjaga kebersihan rumah, baik di dalam maupun di sekitar lingkungan tempat tinggal.

 

Ada banyak cara menjaga kebersihan lingkungan rumah mulai dari membuat jadwal rutin hingga tren memakai jasa pembersih online.

 

Menyewa jasa pembersih memang lebih mudah dan efisien, tetapi Anda harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit setiap minggunya. 

 

Ada beberapa faktor yang diperhatikan untuk menjaga lingkungan yang sehat di rumah agar layak ditinggali seperti pencahayaan, interior, sistem AC dan lainnya. 

 

Semua faktor harus diperhatikan untuk menyediakan lingkungan hidup yang sehat bagi Anda dan keluarga. 

 

Untuk lebih jelasnya, telah kami rangkum cara menjaga kebersihan lingkungan rumah baik di dalam maupun di sekitar rumah Anda, serta manfaat yang akan didapatkan.

 

Manfaat Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih

manfaat menjaga lingkungan tetap bersih

Bebas dari Kuman dan Virus

Masa pandemi yang berlangsung membuat orang selalu was-was ketika akan pergi dan masuk rumah.

 

Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut banyak orang membersihkan rumah dengan cairan desinfektan dan menyemprotkannya di sekitar area dalam dan lingkungan rumah. 

 

Namun, Anda harus memperhatikan komposisi atau perbandingan cairan aktif yang akan digunakan karena jika berlebihan akan memengaruhi keseimbangan ekosistem sekitar.

 

Mengurangi Debu dan Jamur

Pembersihan rutin adalah cara terbaik menjaga kebersihan lingkungan rumah. Dan pastinya bisa mengurangi penumpukkan debu yang menyebabkan alergi atau iritasi saluran pernapasan.

 

Anda bisa memulainya dengan menyapu setiap hari dan menyedot debu di setiap sudut dengan vacuum cleaner dua kali seminggu.

 

Selain itu, inspeksi rutin kelembaban rumah dapat mengontrol dan mencegah pertumbuhan jamur yang akan mengganggu penampilan rumah.

 

Menurunkan Resiko Cedera

Membersihkan lingkungan rumah juga dapat mengantisipasi terjadinya cedera, misalnya saja Anda selalu mengeringkan teras rumah maka kemungkinan terpeleset bisa dihindari.

 

Lalu, pengorganisasian barang-barang dapat membuat perbedaan pada keamanan rumah Anda secara keseluruhan.

 

Mengurangi Stres Berlebih

Stres tidak hanya hadir karena pekerjaan kantor atau sekolah, tapi juga karena rumah yang kotor dengan tumpukan baju dan piring yang belum dicuci.

 

Berbeda halnya jika rumah bersih, yang akan membuat perbedaan berarti sehingga ketika Anda masuk rumah akan merasakan atmosfer yang menenangkan.

 

Tips dan Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Kosongkan Tempat Sampah Setiap Hari

sampah

 

Tempat sampah menjadi paling penting ketika ingin memulai membersihkan rumah.

 

Karena area tempat sampah menjadi tempat paling kotor di rumah sekaligus tempat yang menarik perhatian kecoa, lalat, bahkan tikus yang menyebabkan berbagai infeksi dan penyakit. 

 

Untuk mencegahnya, kosongkan tempat sampah Anda secara teratur. Ganti tutupnya setelah digunakan untuk menghindari lalat.

 

Lalu, cuci tempat sampah dengan air panas dan cairan pembersih untuk menghilangkan bau. Selain itu, berkoordinasi dengan petugas pemulung untuk memungut sampah setiap hari agar tidak terjadi penumpukan sampah di rumah.

 

Pastikan juga untuk membuat tempat sampah yang berbeda, yakni tempat sampah basah dan kering.

 

Penempatan tempat sampah yang benar juga penting. Anda bisa meletakkan keranjang sampah di bawah meja dapur atau wastafel di tempat teduh.

 

Rawat Dapur agar Tetap Bersih

dapur

 

Dapur adalah jantung dari rumah yang paling sering digunakan dan mudah kotor karena proses memasak yang selalu berantakan. 

 

Untuk menjaganya, segera bersihkan tumpahan untuk mencegah noda mengering dan membekas. 

 

Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan larutan sabun lembut dan air untuk menghilangkan noda minyak, kopi dan lainnya.

 

Membersihkan piring menjadi tanggung jawab setiap anggota keluarga setelah makan malam selesai. Jangan tunda tugas ini sampai keesokan paginya karena akan membuat piring menumpuk dan bau.

 

Baca juga:

Cara Menata Dapur agar Tempat Masak Rapi dan Bersih, Wajib Coba! 

 

Atur Ruang Tamu dan Tempat Tidur

Bersihkan sofa ruang tamu satu sampai dua minggu sekali agar tungau yang bersarang di sofa hilang.

 

Selain itu, jangan menumpuk barang seperti buku atau koran di atas meja, sebaiknya jaga area ini tetap rapi tanpa banyak barang berlebih.

 

Kemudian, jaga kamar tidur tetap bersih dan rapi dengan mencuci seprai dan sarung bantal seminggu sekali, lalu jemur bantal dan guling di bawah sinar matahari.

 

Jangan menumpuk dan menggantung baju di belakang pintu kamar karena tempat tersebut menjadi bersembunyi nyamuk.

 

Jaga Kamar Mandi Tetap Kering

kamar mandi

 

Kamar mandi merupakan bagian penting dari rumah Anda yang perlu diperhatikan. 

 

Lantai kamar mandi, dinding, bak mandi dan pintu perlu dibersihkan secara menyeluruh setelah mandi. Meminimalisir penggunaan air agar kamar mandi cepat kering.

 

Buka jendela dan ventilasi udara selama beberapa waktu untuk membiarkan udara segar masuk yang akan membantu meminimalkan kelembaban.

 

Jaga kebersihan Halaman

jaga kebersihan halaman

 

Merawat tanaman di halaman merupakan bagian penting dari menjaga kebersihan di rumah. Anda perlu memangkas tanaman untuk mencegahnya tumbuh berlebihan.

 

Jaga rumput di halaman agar terawat dengan baik untuk tampilan yang segar dan menyejukkan

 

Selain itu, pastikan tidak ada wadah atau pot pecah yang berisi air kotor/hujan yang tergeletak, karena genangan air merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk atau serangga menyeramkan lainnya.

 

Lalu, Anda perlu menutup tangki penyimpanan air dengan benar. Selain itu,  jaga garasi agar tidak berantakan.

 

Mengolah Pupuk Kompos

mengelola pupuk kompos

 

Mulailah kebiasaan baik dengan mengurangi sampah dan mengubahnya menjadi hal yang bermanfaat seperti pupuk kompos.

 

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya menggunakan daun-daun kering, sampah sayur dan buah.

 

Lalu, masukkan ke dalam wadah dan ditambahkan dengan tanah serta pupuk kandang, EM4 , larutan gula. Diamkan sekitar 3 bulan.

 

Hasil pupuk kompos ini bisa Anda manfaatkan untuk menutrisi tanaman kesayangan. 

 

Itu dia informasi mengenai cara menjaga kebersihan lingkungan rumah agar hunian Anda tetap bersih dan semua anggota keluarga terbebas dari berbagai kuman.

 

Buat Anda yang sedang mencari hunian yang mengusung konsep green environment bisa melirik hunian di kawasan Serpong atau rumah di Bandung.

 

Atau bisa juga temukan pilihan menariknya di Rumah123 karena ada banyak perumahan dengan lingkungan asri yang bisa Anda temukan seperti:

 

-. Bhumi Amala

-. Griya Idola Industrial Park

-. Green Land Residence

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar