Mengenal Konsep Aparthouse, Hunian Cerdas Masa Kini

aparthouse

Foto: smarthomestyle

 

Berbagai jenis hunian baru kini hadir dengan konsep yang menyesuaikan keinginan para kaum urban. Mulai dari lokasi, harga, bentuk hingga desain yang up to date.

 

Jika sebelumnya Anda sudah mengenal jenis apartemen seperti konsep serviced apartment, condovilla, penthouse dan lainnya.

 

Saat ini ada konsep hunian baru yakni aparthouse yang disinyalir akan jadi tren hunian. Berada di pusat kota, namun dengan harga jualnya lebih terjangkau.

 

Saat ini aparthouse baru tersedia di beberapa lokasi seperti Jakarta, Depok dan Tangerang.

 

Nah, buat Anda yang penasaran apa itu aparthouse, untung rugi, hingga pilihan huniannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Sekilas Mengenai Konsep Aparthouse 

sekilas-mengenai-konsep-aparthouse

Foto: zoopla

 

Mungkin Anda penasaran apa sih itu aparthouse? Apa bedanya dengan apartemen lainnya?

 

Sebenarnya konsep rumah apartemen sudah populer di dataran Amerika pada tahun 1870-an untuk mengatasi ledakan populasi, krisis rumah di perkotaan dan keterbatasan lahan.

 

Dalam pengembangannya, arsitek setempat membuat hunian dengan bentuk seperti apartemen tapi interiornya dirancang seperti rumah tapak yang memiliki kenyamanan tersendiri.

 

Yang membedakan dengan apartemen kebanyakan lainnya adalah aparthouse terdiri dari 3-4 lantai yang luasnya mirip apartemen studio.

 

Sehingga untuk menghubungkan lantai satu dan lainnya dibuat konsep split level. Konsep ini sangat memengaruhi fungsi di setiap lantai.

 

Intinya, rumah apartemen seperti rumah tingkat yang di dalamnya diisi oleh perabotan lengkap dan memiliki 2-3 kamar tidur.

 

Sekilas konsep ini hampir mirip dengan townhouse namun versi ukuran dan pembangunannya berdiri di lahan yang lebih terbatas.

 

Menariknya lagi, tinggal di rumah apartemen status kepemilikan hunian bukan lagi strata title tapi sudah beralih ke SHM.

 

Bagaimana? Menarik banget kan?

Keunggulan Tinggal di Aparthouse

 

Jika Anda masih penasaran dengan apartment house dan keuntungan apa saja jika tinggal di hunian tersebut. Yuk, kita bahas satu per satu.

Status Hunian sudah SHM

status-hunian-sudah-shm

Foto: tirto.id

 

Sudah disinggung di atas bahwa aparthouse memiliki sertifikat hak milik (SHM) bukan sertifikat strata title yang dipegang pemilik apartemen biasa.

 

Tentu saja keunggulan dari SHM adalah pemilik mempunyai hak penuh atas hunian yang dibeli secara sah dan bisa diperjualbelikan.

 

Selain itu, Anda tidak perlu repot harus memperbarui dan memperpanjang  sertifikat seperti HGB apartemen.

 

Pokoknya tinggal di apartment house dijamin aman dengan legalitas yang terjamin.

Lokasi di Pusat Kota

lokasi-di-pusat-kota

Foto: pinterest

 

Karena menargetkan generasi milenial yang bekerja di sekitaran Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, tentu saja lokasi rumah apartemen sangat strategis di tengah kota.

 

Bukan hanya diapit berbagai pusat bisnis, apartemen ini juga memiliki kemudahan dari segi aksesibilitas seperti ke pusat transportasi umum, rumah sakit, pendidikan, hingga tempat perbelanjaan.

 

Selain menawarkan berbagai kemudahan, investasi di kawasan tersebut juga sangat menguntungkan.

 

Misalnya saja, Anda beli rumah apartemen dijual di Jakarta Selatan yang saat ini harga per meternya sudah di atas Rp20 juta.

 

Apabila Anda berniat untuk menyewakan atau menjualnya, maka bisa berkali-kali lipat keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Desain lebih Trendi

desain-lebih-trendi

Foto: pinterest

 

Bicara soal desain, apartment house tidak kalah dengan hunian lainnya bahkan lingkungannya dibuat seperti residential yang tertata rapi.

 

Secara menyeluruh rumah apartemen ini mengadopsi konsep rumah compact dengan memanfaatkan setiap sudut ruang sebaik mungkin.

 

Tentu saja konsep atau desain ini sangat sesuai diterapkan di hunian minim lahan.

 

Selain itu untuk desain interiornya dibuat mengikuti perkembangan zaman yakni menghadirkan arsitektur modern minimalis baik eksterior dan interiornya.

Dilengkapi Teknologi Smart Home System

dilengkapi-teknologi-smart-home-system

Foto: howtohome

 

Mendukung hunian terbarukan, aparthouse menerapkan konsep smart home system, dimana semua perangkat elektronik telah terhubung secara sistematis melalui smartphone.

 

Jadi penghuni mengatur perabotan, lampu, hingga suhu kulkas dari jarak jauh.

 

Untuk menjaga hunian agar tetap aman selama di dalam maupun di luar rumah, semua pintu masuk apartment house dilengkapi digital door lock yang bisa Anda akses dengan tiga cara yakni kunci sidik jari, pin ataupun kartu.

Harga yang Kompetitif

harga-yang-kompetitif

Foto: investopedia

 

Lalu bagaimana dengan harganya?

 

Tenang, harga apartment house ini bisa dibilang cukup bersaing di lokasi premium.

 

Anda bisa mendapatkan hunian 3 lantai di kawasan elit seperti Jakarta Selatan dengan kisaran harga di bawah Rp1 miliar.

 

Pastinya Anda pun sudah tahu bahwa harga rumah tersebut sangat jarang ditemukan, jika pun ada, pasti lokasinya ada di perbatasan ke arah Tangerang.

Kekurangan Tinggal Aparthouse

Fasilitas Bersama yang Terbatas

fasilitas-bersama-yang-terbetas

 

Mungkin bagi beberapa “workaholic” yang menjadikan rumah untuk tempat istirahat, fasilitas bersama tidak terlalu penting.

 

Tapi, tetap saja hadirnya fasilitas internal di dalam area hunian menjadi salah satu hiburan dan pelepas penat.

 

Jika Anda mengharapkan hunain dengan fasilitas mewah super lengkap, rumah apartemen ini belum bisa memenuhi kebutuhan bersama seperti halnya cluster-cluster di perumahan.

 

Hal ini disebabkan keterbatasan lahan yang membuat pengembang mau tidak mau memangkas fasilitas tersebut.

Layout Rumah Tidak Ramah Lansia

layout-rumah-tidak-ramah-lansia

Foto: ilustrasi layout aparthouse

 

Karena bentuk fisiknya seperti apartemen dan setiap lantainya dihubungkan dengan banyak anak tangga, apartment house tidak disarankan bagi lansia.

 

Maka dari itu, pikirkan kembali untuk memberi hunian ini jika Anda memiliki orang tua dengan fisik yang tidak lagi prima.

 

Tentu saja ini bertujuan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti terpeleset dari tangga.

Rekomendasi Aparthouse di Jakarta

Aparthouse Crystal

aparthouse-crystal

Foto: republika

 

Mau coba tinggal di apart house yang dekat dengan tempat kerja? Akses lokasinya mudah dengan transportasi publik?

 

Semuanya bisa Anda dapatkan di Aparthouse Crystal dari Diamond Land yang gencar membangun hunian low rise di pusat Kota Jakarta.

 

Aparthouse Crystal sendiri merupakan rumah apartemen tiga lantai bersertifikat SHM di kawasan Cilandak yang dibangun dengan konsep smart living.

 

Untuk unitnya terdapat dua pilihan tipe seperti Tipe Cadmium dengan 2 kamar tidur dan Tipe Titanium 3 kamar tidur. Dan semuanya dibangun dalam jumlah yang terbatas.

 

Lokasi Apart House Crystal dikelilingi oleh berbagai fasilitas penting terutama pusat transportasi umum seperti stasiun MRT yang jaraknya hanya 750 m dari hunian.

 

Tertarik buat beli rumah dijual di Cilandak satu ini? Dapatkan informasi hunian mulai dari harga dan ketersedian unit di sini!

Aparthouse River 8 Residence

 

Sama-sama dikembangkan oleh Diamond Land, Aparthouse River 8 Residence jadi hunian terbaru di kawasan Pancoran.

 

Aparthouse River memiliki tiga setengah lantai yang interiornya dibuat lebih compact serta penambahan lantai mezzanine yang bisa dimanfaatkan sebagai area tambahan.

 

Untuk melengkapi area terbuka, hunian ini menyediakan rooftop sebagai tempat olahraga, bekerja dan area santai bersama. 

 

Menariknya lagi rumah ini menyediakan taman dengan air mancur yang akan membuat lingkungan lebih menenangkan.

 

 

Nah, itu dia informasi mengenai aparthouse yang bisa Anda jadikan salah satu alternatif hunian ketika ingin beli rumah dijual Jakarta Selatan dan sekitarnya.

 

Temukan juga pilihan properti menarik dengan harga lainnya hanya di Rumah123.

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya