5 Pilihan KPR Syariah Termurah untuk Anda yang Ingin Beli Rumah

KPR syariah termurah

Foto: Unsplash

 

Ada berbagai pilihan produk KPR yang dapat Anda pilih saat membeli rumah. Salah satu yang cukup diminati adalah produk KPR Syariah. Banyak yang beranggapan, jika dibandingkan dengan KPR konvensional, KPR syariah termurah. 

 

Ada berbagai bank syariah di Indonesia yang mengeklaim bahwa mereka mempunyai produk KPR Syariah termurah. Tapi mengenai pilihan itu kembali lagi kepada Anda sebagai peminjam. Pada dasarnya setiap bank memang ingin memberikan pilihan terbaik untuk para nasabah. 

 

Sebelum kita mengenal apa saja KPR Syariah yang ada di Indonesia, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang KPR Syariah itu sendiri. Berikut adalah penjelasannya.

 

Pengertian KPR Syariah

Secara umum KPR Syariah memiliki teknis dan pelaksanaan yang mirip dengan KPR pada umumnya. Namun alih-alih menggunakan sistem konvensional yang berdasarkan suku bunga, KPR Syariah menggunakan sistem balas jasa.

 

Balas jasa dalam KPR Syariah adalah sistem bagi hasil, sebab layaknya lembaga keuangan dan sistem syariah diharuskan untuk bebas riba. Oleh sebab itu, istilah kata “kredit” dalam KPR syariah sesungguhnya kurang tepat, namun istilah ini sudah digunakan secara umum.

 

Apakah KPR syariah terbaik untuk Anda? Kembali lagi kepada pilihan masing-masing. Kehadiran dari KPR syariah juga menjadi pilihan alternatif dari produk KPR Konvensional. 

 

Lalu ada apa saja sih KPR syariah termurah yang ada di Indonesia? Kami memberikan 5 pilihan produk KPR dari bank-bank syariah di Indonesia. 

 

BNI Syariah

kpr termurah bni syariah

 

BNI Syariah menawarkan BNI Griya iB Hasanah. Produk ini memfasilitasi pembelian konsumtif untuk membeli, membangun, maupun merenovasi rumah, ruko, apartemen baru maupun bekas hingga pembelian Kavling Siap Bangun (KSB) dengan akad murabahah (jual beli).

 

Produk BNI Griya iB Hasanah memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah memiliki persyaratan yang mudah serta proses pengajuan yang cepat. Uang muka untuk pengajuan fasilitas ini sesuai dengan ketentuan Financing to Value (FTV) Bank Indonesia.

 

Jika tertarik, produk BNI Griya iB Hasanah ini memiliki maksimum pembiayaan hingga Rp25 miliar dan jangka waktu pembiayaan sampai dengan 15 tahun, kecuali untuk pembelian kavling maksimal 10 tahun atau disesuaikan dengan kemampuan pembayaran.

 

BRI Syariah

kpr termurah bri syariah

 

Produk KPR dari BRI Syariah dikenal dengan sebutan Griya Faedah. Jenis pembiayaan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan perumahan, mulai dari pembelian unit rumah baru atau second, apartemen maupun kavling siap bangun, pembangunan atau renovasi rumah hingga take over dan refinancing.

 

BRI Syariah juga memiliki produk pembiayaan Faedah Sejahtera, yakni program pemerintah untuk pembiayaan pembelian rumah yang disalurkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah.

 

Yang menjadi keunggulan dari kedua produk ini adalah skema pembiayaan yang dapat dipilih sesuai fleksibilitas dan kebutuhan nasabah. Jika ingin mendapatkan angsuran yang tidak berubah sampai dengan jatuh tempo pembiayaan, nasabah dapat menggunakan akad murabahah.

 

Plafon Pembiayaan dan maksimal Rp.3.500.000.000, dengan DP uang muka ringan minimal 10% dan Bank Finance (Pembiayaan Bank) hingga 90%. Tenor dari KPR ini bisa mencapai maksimum 15 tahun.

 

BCA Syariah

kpr termurah bca syariah

 

Sama seperti produk KPR syariah lainnya, pembiayaan KPR iB BCA Syariah dapat dipergunakan untuk pembelian rumah baru, baik ready stock maupun inden, serta kebutuhan renovasi maupun refinancing.

 

Pembiayaan KPR BCA Syariah menawarkan berbagai keunggulan, seperti jenis akad yang beragam sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta kepastian margin sepanjang jangka waktu pembiayaan dengan program margin yang berjenjang.

 

Akad yang dipergunakan adalah akad murabahah untuk rumah yang ready stock, akad istishna untuk rumah yang masih inden, dan akad ijarah muntahiya bittamlik (IMBT) untuk kebutuhan refinancing. Sementara untuk kebutuhan renovasi menggunakan akad murabahah.

 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk ini, Nasabah BCA Syariah dapat memperoleh pembiayaan KPR mulai dari Rp100 juta dengan margin berjenjang, mulai dari rate 8,5% per tahun. 

 

KPR Syariah Mandiri

kpr termurah mandiri syariah

 

Bank Mandiri Syariah menawarkan produk Pembiayaan Griya. Sama seperti produk KPR yang ada di lis ini, produk ini memberikan pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang untuk membiayai pembelian rumah tinggal (konsumer), baik baru maupun bekas di lingkungan dengan sistem murabahah.

 

BSM Griya yang bisa digunakan untuk pembelian rumah dengan jangka waktu maksimal 20 tahun. Pembiayaan Griya Berkah ini menerima pembiayaan rumah baru, rumah bekas, take over KPR syariah, hingga proses refinancing bisa dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. 

 

Untuk pembelian rumah baru, nasabah harus menyediakan DP 30% dari harga rumah. Sementara untuk pembelian rumah bekas, nasabah harus menyediakan DP 20% dari harga rumah.

 

BSM Griya juga dapat digunakan untuk renovasi rumah dengan plafon maksimal 80% dari RAB (Rencana Anggaran Biaya). Selain itu, khusus nasabah dengan plafon di atas Rp300 juta dengan pembayaran angsuran lancar selama 2 tahun, maka akan diberikan porsi haji senilai Rp25 juta. 

 

KPR Syariah BTN

 

KPR BTN Platinum iB. Pembiayaan untuk kepemilikan rumah, ruko, hingga apartemen, baik untuk pertama kali, yang kedua, atau bahkan yang ketiga melalui proses yang cepat, uang muka ringan dan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan melalui akad murabahah.

 

Selain KPR BTN Platinum ada juga KPR BTN Bersubsidi iB. Pembiayaan yang ditujukan untuk program kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka kemudahan kepemilikan rumah, dengan akad “Murabahah” (jual beli) yang memberikan berbagai macam manfaat.

 

Itulah 5 KPR syariah termurah yang dapat Anda pilih. Kelimanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Semoga artikel ini membantu dan semoga beruntung. 

 

 

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar