Cara Memulai Bisnis Properti Syariah Sukses tanpa Modal

bisnis properti syariah

 

Disebut sebagai bisnis dengan masa depan cerah, bisnis properti syariah semakin diminati oleh banyak orang karena nilai profit yang diberikan sangat besar.

 

Hal ini didukung oleh fakta di lapangan dengan meningkatnya pembelian properti syariah sejak tahun 2015.  

 

Tentu saja ini jadi peluang bisnis yang menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Meskipun terbukti mendatangkan keuntungan besar, banyak orang masih belum berani memulainya karena membutuhkan modal besar.

 

Namun, tak perlu khawatir karena sudah ada bisnis properti yang bisa dipilih dengan modal minim, bahkan tanpa modal sekalipun.

 

Buat yang penasaran, artikel kali ini akan membahas jenis bisnis properti syariah hingga tips memulai bisnis properti tanpa modal.

 

Pengertian Bisnis Properti

Sebelum mulai terjun langsung ke dunia properti, ada baiknya Anda harus tahu pengertian dari bisnis properti.

 

Secara umum, bisnis properti adalah kegiatan usaha di bidang properti atau kepemilikan dan dijalankan oleh perorangan atau badan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

 

Dalam kegiatan transaksinya dapat berupa produk jual beli dan sewa menyewa yang meliputi tanah, rumah, apartemen, kos-kosan, kontrakan, ruko dan lainnya.

 

Sedangkan bisnis properti syariah pengertiannya pada dasarnya sama saja, yang membedakannya hanya di model bisnis jual beli yang berpegang teguh pada syariat Islam dimana tidak ada unsur riba di dalamnya.

 

Jenis-Jenis Bisnis Properti Syariah

Properti bisnis syariah ternyata memiliki ranah tersendiri dimana Anda bisa memilih jenis bisnisnya sebagai peluang atau mata pencarian.

 

Berikut ini beberapa pekerjaan di bidang bisnis properti syariah yang bisa Anda lirik, apalagi diantaranya pekerjaan tersebut bisa didapatkan tanpa mengeluarkan modal besar.

 

Jadi Developer Property Syariah

developer property syariah

 

Tidak hanya diminati oleh pengembang berpengalaman, developer lainnya juga banyak yang tertarik untuk menawarkan properti dengan konsep yang sesuai syariat Islam.

 

Perlu Anda ketahui untuk menjadi developer properti syariah tidak boleh melibatkan pihak ketiga atau bank dalam proses pembiayaan ataupun pengembangan proyek.

 

Selain menyediakan dana yang sangat besar dan bekerjasama dengan arsitek untuk desain site plan-nya, ada beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh developer, yakni:

 

Memiliki Pengetahuan Lebih tentang Properti

Sebelum menjadi developer syariah yang kompeten ada banyak hal yang harus Anda pelajari agar tidak melakukan kesalahan yang membuat semua modal habis tak tersisa.

 

Pelajari seluk beluk properti syariah, akuisisi lahan, perhitungan biaya pembangunan, kualitas fasos, skema pembiayaan, lobi, mengurus sertifikat dan perizinan.

 

Developer harus Bersifat Adil

Bersifat adil dan jujur menjadi prinsip dasar dari seorang developer properti, dimana Anda tidak boleh merugikan pihak konsumen saat proses jual beli.

 

Maka dari itu, transaksi jual beli dalam Islam menjunjung tinggi cara tersebut agar Anda terhindar dari dunia kejahatan properti dengan menipu konsumen.

 

Tanpa Keterlibatan Pihak Bank

Dalam proses pembiayaan, developer syariah tidak akan melibatkan pihak bank tapi bisa memperoleh modal dari investor.

 

Pastikan Anda menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan investor.

 

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mendanai proyek pembangunan rumah dengan cepat, yakni:

 

-. Penjualan  properti secara tunai ke calon pembeli

-. Pilihan DP yang besar

-. Pilih jenis rumah inden (rumah akan dibangun setelah DP lunas)

-. Calon pembeli mencicil rumah sampai waktu yang disepakati

 

Jadi Agen Properti Profesional

agen properti syariah

 

Ingin jadi agen properti tak punya pengalaman?

 

Ada cara mudah untuk bergabung ke dalam sektor properti sehingga Anda bisa membuka bisnis properti sendiri, yakni menjadi agen di perusahaan properti.

 

Di dalam perusahaan tersebut Anda akan diajarkan untuk menghadapi pertanyaan calon pembeli, menjelaskan detail properti, hingga memberikan masukan properti yang sesuai dengan keinginan konsumen.

 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bonus melimpah dan gaji yang besar jika berhasil mencetak banyak penjualan.

 

Bagaimana? Tertarik jadi agen properti?

 

Menjalankan Bisnis Sewa Properti

sewa properti

 

Punya properti nganggur? 

 

Yuk, manfaatkan jadi pundi-pundi rupiah dengan mengubah hunian Anda untuk dijadikan bisnis sewa menyewa seperti kontrakan atau kos-kosan.

 

Bisnis ini bisa dibilang investasi yang sangat menguntungkan dan tidak pernah sepi peminat, apalagi jika lokasinya strategis dan dekat dengan fasilitas umum yang lengkap.

 

Lalu, bagaimana jika tidak memiliki properti sama sekali?

 

Nah, bisa manfaatkan properti milik kerabat dan minta izin untuk mengelolanya. Dan hasilnya bisa dibagi rata.

 

Tips Membangun Bisnis Syariah Properti 

Jika Anda sudah sedikit paham dan mulai tertarik untuk memulai bisnis properti syariah, berikut kami rangkum tips mudah untuk memulai bisnis properti meskipun Anda seorang pemula atau hanya memiliki modal yang sedikit.

 

Mencoba dari Orang Terdekat

Jangan takut untuk mulai dari keluarga, teman atau tetangga. Poin ini menjadi langkah awal untuk Anda mencoba bisnis properti berbasis syariah.

 

Jika ada keluarga yang ingin jual rumah, Anda bisa menawarkan diri untuk membantu menyebarkan informasi sampai proses negosiasi harga rumah.

 

Apabila rumah berhasil terjual, tentu saja Anda akan mendapatkan komisi yang lumayan besar. Benar-benar tanpa modal, kan?

 

Jika kinerja Anda sangat baik dan cekatan, bisa jadi keluarga akan membantu mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut.

 

Kerjasama dengan Pihak Developer Properti

Pengembang properti biasanya bekerjasama dengan pihak-pihak luar untuk mempromosikan produk mereka.

 

Ini bisa jadi kesempatan untuk merintis sebagai pebisnis di sektor properti.

 

Tugas yang perlu Anda lakukan adalah mencari dan mengumpulkan informasi tertarik pengembangan dan pembangunan proyek perumahan.

 

Biasanya informasi tersebut mencangkup lokasi, tipe perumahan, spesifikasi rumah, desain, fasilitas sosial, fasilitas umum, keunggulan proyek, hingga penawaran menarik seperti potongan harga.

 

Setelah berhasil menjual banyak unit, Anda akan mendapatkan bayaran serta bonus dari developer.

 

Agar kedua belah pihak tidak merugi, sebaiknya sebelum mulai, Anda membuat surat perjanjian mengenai besaran komisi yang diterima dari total penjualan.

 

Ketahui Calon Pembeli yang Tepat

Setiap orang pasti memiliki selera tersendiri jika menyangkut tempat tinggal. Ada yang menginginkan rumah minimalis dengan harga murah, ada juga yang tinggal di perumahan dekat stasiun.

 

Agar penjualan properti berjalan dengan sukses, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu konsumennya termasuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka.

 

Anda bisa membuat data atau survei konsumen dengan membaginya berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan perbulan, tipe rumah, spesifikasi rumah, lokasi dan lainnya.

 

Promosi ke Sosial Media dan Situs Properti

situs properti

 

Pesatnya perkembangan teknologi membuat semua pekerjaan  semakin mudah, salah satunya mempromosikan bisnis Anda.

 

Saat ini sudah banyak situs properti yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan properti Anda jauh lebih mudah dengan jangkauan lebih luas.

 

Seperti halnya rumah123.com, situs properti andalan di Indonesia, menghadirkan lebih dari ratusan ribu listing menarik dan banyak dilihat para calon pembeli.

 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sosial media dengan bergabung ke grup-grup properti.

 

Untuk catatan, ketika Anda ingin memanfaatkan kedua media ini pastikan informasi yang diberikan detail, relevan, dan dilengkapi foto yang jelas.

 

Itu dia informasi mengenai bisnis properti syariah yang bisa dijadikan referensi.

 

Jika memiliki modal, Anda bisa mulai bisnis properti dengan membeli properti pilihan Rumah123. Misalnya bisa memulai bisnis kos-kosan di Academia Pavilion Citra Raya.

 

Semoga artikel ini membantu!

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar