OK

Mau Investasi Condotel, Cek Dulu Untung Rugi dan Pilihannya

condotel

Foto: agoda

Dalam dunia properti ada banyak istilah hunian yang dipasarkan akhir-akhir ini dan beberapa diantaranya memang diperuntukkan sebagai hunian dan investasi.

Mungkin Anda sudah biasa mendengar istilah apartemen, aparthouse, penthouse, kondominium dan sebagainya yang merujuk pada pilihan tempat tinggal.

Sedangkan untuk investasi, beberapa pilihannya ada condovilla, serviced apartment dan juga condotel yang akan kita bahas kali ini.

Apabila Anda ingin mendapatkan income tambahan dan kebetulan memiliki unit condotel, Anda bisa menyewakannya seperti kamar hotel.

Namun jika Anda baru ingin membelinya, simak dulu beberapa penjelasan tentang condotel, untung rugi, dan pilihan terbaiknya.

Apa Itu Condotel?

apa-itu-condotel

Foto: archdaily

Kondotel, juga disebut “hotel kondominium”, (dan kadang-kadang dieja “condo tels”) pada dasarnya adalah kombinasi dari bangunan kondominium dan hotel.

Pada dasarnya condotel adalah kondominium yang memiliki bangunan layaknya seperti apartemen dengan fasilitas yang bisa Anda nikmati sepuasnya.

Dalam sistem kerja condotel, Anda sebagai pemilik mendapatkan unit full furnished yang sudah dibekali dapur di dalamnya. Ketika Anda tidak menggunakannya properti tersebut bisa disewakan dan dikelola layaknya manajemen hotel.

7 Keuntungan Memiliki Kondotel Sebagai Investasi dan Tempat Tinggal

Pilih Lokasi yang Tepat

pilih-lokasi-yang-tepat

Foto: archdaily

Lokasi selalu menjadi keunggulan nomor satu condotel, apartemen dan kondominium pada umumnya.

Kondotel berlokasi strategis di lingkungan utama, biasanya di kawasan pusat bisnis (CBD) atau di dekat jalan utama pastinya sangat memudahkan bagi Anda yang beraktivitas di sekitaran unit.

Namun, jika Anda bertujuan membeli kondotel untuk dijadikan investasi, maka cara tersebut kurang tepat.

Karena harga jual kondotel yang tinggi pastinya akan memengaruhi harga sewa yang tinggi juga. Dan apabila ada wisatawan yang sedang mencari penginapan,, pasti akan memilih harga sewa yang lebih murah.

Maka dari itu penting untuk mengetahui harga tanah, kelengkapan fasilitas, dan harga unit yang ditawarkan agar investasi Anda balik modal.

Bisa Menginap Gratis dan Unit Fully furnished

bisa-menginap-gratis-dan-unit-fully-furnished

Foto: planetofhotels

Sebagai investor atau pemilik unit Anda bisa menginap secara gratis dan mendapatkan layanan ekstra ala hotel yang tidak Anda temukan di properti lainnya.

Selain itu, unit condotel yang Anda beli sudah termasuk fully furnished yang setiap tahunnya akan di-upgrade dengan perabotan baru mengikuti perkembangan tren saat ini.

Biaya Utilitas Lebih Rendah

Berbeda dengan kondominium yang memiliki ukuran besar, condotel biasanya memiliki luas lantai yang lebih kecil, sama seperti tipe apartemen.

Namun, hal ini bukan sebagai kekurangan, tapi justru kelebihan karena Anda tagihan listrik yang lebih rendah.

Selain itu, tinggal di condotel dapat menghindarkan Anda dari biaya tambahan penggunaan utilitas yang tidak penting, seperti penggunaan lampu tambahan dan pengaturan suhu AC secara berlebihan.

Bisa Menikmati Fasilitas Sepuasnya

bisa-menikmati-fasilitas-sepuasnya

Foto: tripadvisor

Untuk fasilitas yang dihadirkan di kondotel memang sudah sesuai dengan standar hotel.

Sebagai pemilik hotel, Anda bisa menikmati fasilitas tersebut tanpa mengeluarkan biaya lainnya.

Hanya saja, fasilitas ini dapat Anda gunakan ketika menginap di unit maka dari itu Anda masih perlu melakukan reservasi untuk mengetahui apakah unit sedang disewakan atau tidak.

Beberapa fasilitas yang ada di kondotel antara lain ada kolam renang, spa, restoran, meeting rooms, gym center, loby, dan lainnya.

Keamanan Ketat

Bicara soal keamanan di condotel tak perlu diragukan lagi karena sudah tersedia manajemen khusus dalam keamanan properti.

Karena memang diperuntukkan sebagai tempat menginap secara menyeluruh oleh manajemen hotel, maka setiap gerbang akan dijaga dan diberlakukan sistem pemeriksaan untuk tamu.

Selain mempekerjakan tenaga keamanan profesional untuk berpatroli di setiap lantai. Semua ruang publik juga dilengkapi dengan CCTV sedangkan unit kondotel sendiri memiliki sistem interkom.

Dengan langkah-langkah keamanan yang ketat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi bukan?!

Passive Income Setiap Bulan

Buat Anda yang sudah mantap untuk memulai investasi properti, kondotel bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda coba.

Anda tidak perlu repot untuk memasarkan unit untuk disewa layaknya apartemen, pengelolaan unit sewa akan dilakukan oleh manajemen hotel.

Untuk bagi hasilnya sendiri biasanya akan dibayarkan setiap bulan. Ini adalah salah satu daya tarik dari bisnis kondotel.

Pembelian Condotel Bisa Dengan Pembiayaan KPA

Sama seperti apartemen, Anda juga bisa membeli condotel dengan sistem KPA.

Dengan pembiayaan KPA Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam pembelian unit kondotel.

Untuk urutan pengajuan KPA sendiri sama seperti apartemen-mulai dari pemilihan condotel, bank yang bekerjasama, pengecekan berkas, hingga akad.

Kerugian Membeli Kondotel

Selain menawarkan berbagai kelebihannya, ternyata ada beberapa kekurangan yang akan Anda dapatkan dalam membeli kondotel.

Penting untuk dicatat bahwa condotel mungkin bukan pilihan yang tepat untuk semua orang, apalagi untuk investasi, beberapa kekurangan tersebut antara lain:

-. Biaya perawatan unit yang tergolong cukup tinggi karena ditangani oleh pihak manajemen hotel

-. Adanya biaya tambahan untuk asuransi khusus seperti kerusakan perabotan selama periode sewa, pajak, dan biaya tambahan lainya

-. Penetapan harga sewa berdasarkan pada pasar pariwisata bukan tergantung pada harga sewa properti pada umumnya

-. Pemilik harus memesan kunjungan mereka jauh-jauh hari, karena pengunjung akan merencanakan liburan mereka berbulan-bulan sebelumnya

3 Rekomendasi Condotel di Berbagai Kota

Pentapolis Residence

pentapolis-residence

Foto: booking.com

Buat Anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia properti melalui condotel, ada pilihan yang letaknya di pintu gerbang calon ibu kota negara, yakni Pentapolis Residence.

Lokasi kondotel ini berada di kawasan superblock Balikpapan yang di dalamnya terdapat empat tower kondotel dan satu tower apartemen yang berada tepat di atas Pentacity Mall.

Untuk harga unit kondotelnya sendiri dijual mulai dari Rp600 jutaan dengan profit sharing mencapai Rp90 jutaan pada tahun keempat.

Sedangkan untuk apartemen dijual di Balikpapan berkisar antara Rp850 juta sampai Rp1 miliar.

Selain harga yang kompetitif, keunggulan lain yang ditawarkan Pentapolis Residence adalah jarak ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman hanya 10 menit dari lokasi.

Chadstone Cikarang

chadstone-cikarang1

Foto: pollux

Beralih ke Cikarang ada kawasan superblok yang terdiri dari apartemen, condotel, hotel, mal, SOHO, F&B, dan Rumah Sakit yang berdiri di luas lahan 2,5 Ha yang dikenal Chadstone Cikarang.

Investasi condotel di Chadstone Cikarang bisa dibilang cukup menggiurkan, salah satu faktornya adalah dekatnya akses pintu Tol Cikarang Barat hanya 100 m.

Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari swimming pool, jogging track, fitness center, dan masih banyak lagi.

Nuvasa Bay

nuvasa-bay

Foto: kabarin.co.id

Dikenal sebagai kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena letaknya dekat Singapura, kini Batam kehadiran ikon baru yakni Nuvasa Bay.

Nuvasa Bay merupakan kawasan hunian ala resort yang dibuat secara eksklusif untuk mengakomodir tempat liburan, hiburan, dan tempat tinggal dalam satu tempat.

Suasana liburan semakin terasa dengan pemandangan Kota Batam yang didukung oleh keindahan Pantai Nongsa yang memanjakan.

Untuk Anda yang sedang mencari rumah dijual di Batam, Nuvasa Bay menawarkan The Nove – kawasan perumahan dengan desain minimalis modern.

Sedangkan untuk peluang investasi, Nuvasa Bay Batam memiliki pilihan propertinya, salah satunya adalah condotel yang jadi komplek kondotel pertama yang dibangun di Batam dengan luas 1,3 Ha.

Itu dia informasi mengenai condotel yang sering dijadikan instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Semoga artikel ini membantu!

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti