7 Cara Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Lahan Kosong

memanfaatkan lahan kosong

 

Lahan kosong menjadi salah satu investasi yang menjanjikan jika dikelola secara benar dan tepat.

 

Apalagi saat ini tanah dijual di perkotaan memiliki harga pasar yang sangat tinggi dan banyak dicari untuk dijadikan kawasan perumahan dan pusat perbelanjaan.

 

Hal ini juga berlaku untuk lahan di kawasan pinggiran kota bahkan pedesaan, hanya saja Anda harus tahu jenis bisnis atau usaha apa yang tepat.

 

Ada beberapa faktor yang menentukan sifat bisnis dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi pundi-pundi rupiah seperti hukum zonasi daerah, lokasi tanah, luas tanah hingga peruntukan tanah.

 

Di bawah ini kami rangkum beberapa ide bisnis yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari pemanfaatan lahan kosong.

 

Pilihan Bisnis dengan Memanfaatkan Lahan Kosong

Bisnis Tanah Kavling

bisnis tanah kavling

 

Jika Anda memiliki tanah yang luas tapi bingung memanfaatkannya, berbisnis tanah kavling bisa jadi pilihan cerdas dalam memanfaatkan lahan kosong.

 

Bisnis ini masuk dalam ranah bisnis properti yang cukup menguntungkan selain menjadi agen properti, developer ataupun kontraktor.

 

Cara kerjanya pun terbilang cukup mudah dan modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. 

 

Apabila Anda tertarik, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan hingga siap untuk proses penjualan unit lahan kosong yang sudah dipetak, seperti:

 

Pengukuran Luas Lahan dan Pecah Sertifikat Tanah

pengukuran-luas-lahan

 

Cek kembali tanah kosong, mulai dari luas hingga batasan tanah yang Anda miliki dan sesuaikan dengan informasi di sertifikat tanah serta akta jual beli.

 

Hal ini perlu sangat diperhatikan, terlebih lagi lahan kosong sering jadi sasaran empuk kejahatan properti seperti pembangunan tanpa izin hingga sengketa tanah.

 

Untuk berjaga-jaga ukur kembali tanah tersebut dan langsung lakukan pemetakan tanah.

 

Dalam proses pengukurannya, Anda terlebih dahulu datang ke kantor BPN untuk mengajukan pemecahan sertifikat tanah.

 

Petugas bersangkutan akan melakukan pengukuran, penerbitan surat ukur untuk tiap-tiap tanah yang dipecahkan, hingga mengeluarkan sertifikat yang sudah dipecah.

 

Proses Land Clearing, Cut & Fill, dan Pengurugan

Ketika menjalankan bisnis tanah kavling dengan kriteria lahan yang sudah dilakukan pematangan lahan dan land clearing memiliki harga jual yang lebih tinggi.

 

Selain lahan terlihat lebih rapi, banyak orang lebih tertarik membeli tanah kavling jenis ini dibanding dengan tanah yang kondisinya masih berupa tanah sawah, rawa dan terdapat gundukan.

 

Maka, penting untuk menjaga tampilan lahan kosong Anda tetap rapi dan terawat.

 

Pantau Tren Harga Tanah Kavling

Saat menjual tanah yang sudah dipetak sebaiknya Anda harus paham mengenai perkembangan harga jual tanah saat ini.

 

Apabila lahan kosong yang Anda miliki jelas diperuntukan untuk pemukiman dan berada di kawasan perumahan, maka patokan harga jual bisa dibilang lebih tinggi.

 

Hal ini dikarenakan lokasi tanah kavling yang strategis dan memiliki potensi lebih sebagai tempat tinggal atau usaha.

 

Cara menentukan harga jual adalah mengetahui NJOP tanah daerah Anda dan lakukan riset pasar properti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga jual bersaing.

 

Jadi, perlu dicatat sebelum memulai bisnis kavling perhatikan dulu lokasi dan peruntukan tanah yang dimiliki agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tepat.

 

Memulai Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan

bisnis kos-kosan

Foto: booking.com

 

Punya lahan kosong dekat perkantoran atau fasilitas umum?

 

Bisa banget nih dimanfaatkan untuk membuka bisnis kos-kosan atau kontrakan.

 

Sejatinya, bisnis properti ini tak pernah sepi peminat bahkan di beberapa kota besar seperti Yogyakarta masih membutuhkan banyak tempat tinggal. Mengingat kota ini jadi favorit para pelajar penjuru negeri.

 

Dan tak bisa dipungkiri juga keuntungan didapatkan sangat menggoda dan menjadi salah satu usaha yang diimpikan banyak orang.

 

Meskipun banyak keunggulan yang menarik minat, memulai bisnis ini juga membutuhkan modal yang sangat besar di awal yaitu mulai dari pembangunan, finishing, promosi, hingga perawatan ekstra.

 

Namun, semua uang yang Anda keluarkan akan berbuah manis dalam beberapa tahun ke depan.

 

Membuat Tempat Parkir

membuat tempat parkir

 

Tempat parkir jadi usaha paling menggiurkan di kota-kota besar yang padat dan kekurangan lahan.

 

Tidak perlu berukuran besar, Anda juga bisa memanfaatkan lahan sempit sekalipun untuk membuat tempat parkir yang bisa menampung 5-7 mobil berukuran sedang.

 

Apalagi tingginya pembelian kendaraan setiap tahun oleh pengguna yang tidak memiliki tempat parkir pribadi jadi sasaran empuk untuk membuka peluang usaha yang menguntungkan.

 

Lokasi paling menguntukan untuk mencoba usaha ini adalah dekat dengan pusat bisnis, area perumahan padat penduduk, hingga daerah yang memiliki banyak gang. 

 

Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian

untuk pertanian

Foto: entrepreneur 

 

Lahan kosong di kawasan pedesaan, biasanya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian untuk menyokong kebutuhan pangan.

 

Bahkan ada beberapa komunitas mengembangkan komoditas dan varietas tanaman unggulan yang memiliki daya jual yang tinggi.

 

Di era saat ini pertanian organik tanpa zat sintetis paling digandrungi karena kandungan atau nilai gizi yang terkandung di dalamnya lebih baik dibandingkan jenis lainnya.

 

Hasil pertanian organik yang bisa Anda buat adalah budidaya tanaman dengan sistem hidroponik hingga vertikultur yang lebih menyehatkan dan memiliki potensi pasar yang besar.

 

Membuka Kafe Kekinian

kafe kekinian

 

Sekarang ini usaha kuliner dan tempat nongkrong makin digandrungi. Dengan modal lahan kosong, Anda bisa membuat cafe outdoor yang estetik dengan menu simpel gak bikin pusing.

 

Atau bisa juga bekerjasama dengan usaha franchise yang menawarkan bisnisnya dengan modal bahkan di bawah Rp10.000.000,00.

 

Modal tersebut sudah termasuk paket yang terdiri dari booth, x-banner menu, kompor, tabung gas, seragam karyawan dan bahan training.

 

Bagaimana? Cukup menarik, kan!

 

Sewa Lahan Kosong untuk Tower BTS

tower bts

 

Kemajuan teknologi yang cepat, termasuk segera hadirnya jaringan internet 5G pastinya membutuhkan sarana fisik seperti pembentukan Base Transceiver Station (BTS).

 

Biasanya tower ini dimiliki oleh provider telekomunikasi seperti Telkomsel, XL, Indosat dan lainnya.

 

Untuk ukuran lahan kosong yang disewa berukuran 15 m x 15 m dengan nilai sewa sebesar Rp120.000.000,00 selama 12 tahun.

 

Namun, harga tersebut dapat berbeda berdasarkan jenis tanah, lokasi, dan pasaran harga tanah di daerah tersebut.

 

Baca juga:

4 Cara Mengetahui Harga Tanah di Suatu Daerah bagi Pemula 

 

Usaha Sewa Gedung

usaha sewa gedung

Foto: bridestory

 

Tidak membutuhkan luas yang berlebih, bisnis sewa gedung serbaguna jadi salah satu usaha yang menghasilkan dalam memanfaatkan lahan kosong secara tepat.

 

Cukup membuat gedung dengan kapasitas minimal 500 orang, fasilitas yang lengkap, tema gedung yang fleksibel dan parkiran yang luas. Pastinya banyak keuntungan yang akan datang.

 

Bisnis sewa ini tak pernah sepi peminat, pasalnya setiap orang membutuhkan tempat yang besar untuk menyelenggarakan acara seperti pernikahan, event menengah dan acara lainnya.

 

Untuk tarif sewanya sendiri bisa disesuaikan dengan fasilitas yang Anda tawarkan. Agar bisnis makin ramai ada baiknya bekerjasama dengan agensi jasa penyewaan gedung.

 

Itu dia informasi mengenai cara memanfaatkan lahan kosong yang bisa Anda coba.

 

Buat Anda yang ingin mulai membuka usaha tapi tak memiliki lahan, bisa cek Rumah123 yang menawarkan banyak iklan tanah dijual di berbagai kawasan. Contohnya tanah di Tangerang, tanah di Pekanbaru dan masih banyak lagi. 

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar